Mengikuti Perkembangan IT harus Bijak

Posted by rini dwi a on Feb 22, 2015 in Uncategorized |

Teknologi merupakan suatu sarana yang dibuat untuk menunjang sarana yang telah ada dan mengembangkannya untuk membantu kehidupan sehari-hari manusia. Salah satunya adalah teknologi dalam bidang informasi (IT) seperti handphone,internet dll. Kemunculan teknologi di bidang informasi ini sangatlah membantu manusia akan kebutuhan informasi dan komunikasi di dunia. Perkembangan teknologi sangatlah pesat sekali khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Yang saat ini, yang lagi booming adalah produk smartphone. Perusahaan berbasis teknologi informasi seakan-akan kebakaran jenggot, berlomba-lomba menyaingi perusahaan lainnya dalam mengeluarkan teknologi terbarunya di Industri teknologi informasi ini. Akan tetapi, disamping mereka berlomba-lomba, ada masyarakat dari berbagai kalangan yang mungkin dibuat kebingungan dalam memilihnya akan adanya berbagai macam produk berbasis teknologi tersebut yang dikeluarkan oleh Perusahaan berbasis teknologi informasi.

Kebingungan tersebut dipicu oleh beberapa hal seperti fitur yang ditawarkan dan harga yang ditawarkan. Ada produsen yang mengeluarkan produknya dengan fitur lengkap dan canggih tetapi dibandrol dengan harga mahal, tetapi ada juga produsen lain dengan fitur yang sama tetapi dibandrol dengan harga yang lebih murah. Produk yang dikeluarkan masing-masing perusahaan tersebut tentu memiliki kualitas/keunggulan tersendiri. Memang, di era ini kebutuhan akan teknologi informasi seperti halnya handphone sangatlah menjadi salah satu prioritas utama bagi masyarakat dengan produk yang lagi booming yakni smartphone. Di samping fungsi praktisnya untuk berkomunikasi juga untuk layanan internet selain itu mungkin juga digunakan untuk mengikuti trend atau adu gengsi semata.

Banyaknya produk yang dikeluarkan yang semakin canggih juga membuat masyarakat bingung. Sehingga masyarakat terburu-buru dalam membeli produk tersebut, saat belum lama membeli , mereka membeli lagi produk yang baru muncul yang lebih canggih dari sebelumnya. Hal itu menyebabkan perilaku pemborosan. Seakan-akan ,masyarakat juga kebakaran jenggot untuk segera membelinya tanpa memikirkan fungsinya. Kebanyakan masyarakat saat ini belum bijak dalam memilih smartphone dan hanya sekedar mengikuti trend saja tanpa menyesuaikan kegunaan untuk dirinya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya ,masyarakat tak perlu binggung dalam membeli produk teknologi tersebut. Masyarakat hanya perlu bijak dalam memilihnya dengan membeli sesuai kegunaannya yang menunjang profesinya dan melihat kualitasnya . Sehingga masyarakat tidak perlu selalu mengikuti dengan membeli/menggantinya dengan produk keluaran terbaru. Jika memiliki dana yang lebih memang sah-sah saja jika mau mengikuti perkembangan teknologi . Semuanya tergantung kebutuhan yang sesuai profesi kita dan keadaan ekonominya.

Jadi , mengikuti perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi memang tak ada hentinya. Semakin waktu ,semakin canggih teknologinya dan semakin kita mengikutinya kantong kita akan semakin kering (hehehe). Mengikuti teknologi itu perlu, bukan hanya sekedar mengikuti saja tetapi perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang akan kita gunakan nanti sesuai profesi. Jangan sampai kita dibutakan oleh perkembangan teknologi dan tidak memikirkan apa yang sebenarnya kita butuhkan serta menggunakan teknologi tersebut harus dengan bijak sesuai kebutuhan kita.

Reply

Copyright © 2024 All rights reserved. Theme by Laptop Geek.