KINECT XBOX atau KINECT XBOX 360

Posted by rini dwi a on Apr 19, 2015 in Uncategorized |

ms kinect

Apa itu kinect xbox?

      Kinect for Xbox 360 atau biasanya Kinect (Dulunya di ketahui oleh Project Natal), adalah “controller-free gaming dan pengalaman hiburan” oleh Microsoft dan Xbox 360 video game platform, dan mungkin digunakan untuk Windows 8. Kinect akan bersaing dengan Wii Remote dengan Wii MotionPlus dan PlayStation Move dengan PlayStation Eye gerak sistem kontrol untuk Wii dan PlayStation 3 konsol rumah masing-masing.

Kinect di luncurkan di Amerika Utara pada tanggal 4 November 2010, di Eropa pada tanggal 10 November 2010,di Australia, New Zealand dan Singapura pada tanggal 18 November 2010 dan di Jepang pada tanggal 22 November 2010. Pembelian opsi untuk sensor perifer termasuk bundel dengan permainan Kinect Adventures dan konsol bundel dengan baik 4 GB atau 250 GB konsol Xbox 360 dan Kinect Adventures. Dalam tanggal 29 November 2010 Kinect telah terjual sebanyak 2,5 juta.

Fiturnya adalah  :

  1. Berolah raga menggunakan Virtual Trainer atau Virtual Trainer.
  2. Tinggal menggerakkan anggota tubuh tanpa bantuan joystick / nunchuk / sensor yg harus kita pegang atau kita bawa bawa.
  3. Memiliki fitur voice recognition yg bisa juga jadi voice control selama beraktivitas.
  4. Jika memainkan game olahraga Tennis, Golf, Basket dan sepakbola, kita hanya perlu menggerakkan tangan, kaki dan alat tubuh lainnya, tanpa harus membeli sensor2 tambahan.
  5. Paling enak untuk Fitness atau berolahraga karena kita bisa menggunakan Dumbel / barbel sesuai dengan program fitnes kita.
  6. Bisa ber aerobik yang di customisasi sesuai program kita yaitu Slim (Menguruskan), Toning, Cardio, Zen, Box dan lain2.
  7. Games Bertarung yg kita tinggal pukul dan tendang tanpa sensor tambahan.
  8. Games Balap Mobil / Motor yg tidak perlu beli Perangkat Stir atau stang, tinggal berpura pura memegang stir / stang.
  9. Aplikasi Nat Geo yang di gerakkan seperti gesture dari tangan kita tanpa menyentuh.
  10. Games Kinectimals untuk anak2 yg bisa memainkan Keluarga Kucing besar seperti harimau, singa, leopard, macan kumbang, macan tutul dan Beruang.
  11. Games Dance yg tidak memerlukan karpet untuk baca gerakan tangan dan kaki, tinggal menari dan sensor akan menilai gerakan kita benar atau salah.(masih bisa di tipu2 sedikit, tapi nilainya nanti jadi tidak sempurna.
  12. Memiliki fitur reminder untuk beristirahat bila kita terlalu lama menggunakan.

Input device/Perangkat input(masukan) dari kinect xbox

      Kinect merupakan perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan system operasi Windows. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami.

Kinect dibangun dengan menggunakan teknologi sofware yang dikembangkan secara internal oleh Rare, sebuah perusahaan game dibawah Microsoft Game Studios milik Microsoft. Kamera pada kinect dikembangkan oleh pengembang asal Israel yakni PrimeSense, yang mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengartikan gerakan secara tepat, yang akhirnya memungkinkan pengaturan tanpa tangan pada perangkat elektronik dengan menggunakan proyektor infrared dan camera dan sebuah microchip untuk mendeteksi gerakan obyek dalam 3 dimensi.

m

Sensor Kinect adalah batang horizontal yang terhubung dengan alas kecil yang memiliki poros yang dapat berputar. Sensor Kinect dirancang untuk diletakkan diatas maupun di bawah TV. Perangkat ini memiliki kamera RGB, sensor kedalaman dan mikrofon yang berjalan di perangkat software khusus, yang menyediakan kemampuan untuk menangkap gerak secara 3D, mengenali wajah dan mengenali suara. Sistem multi-mikrofon pada Sensor Kinect memungkinkan Xbox 360 untuk mengurangi suara bising, sehingga kegiatan seperti ngobrol secara hands-free dapat dilakukan lewat Xbox Live.

2

Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared dikombinasikan dengan sensor CMOS monokromatik, yang merekam data video 3D dalam kondisi pencahayaan apapun. Area pengenalan sensor kedalaman dapat diatur, dan perangkat lunak Kinect secara otomatis mampu mengkalibrasikan sensor berdasarkan permainan dan kondisi lingkungan pemain, mengenali keberadaan furnitur maupun halangan lain. Kinect secara simultan mampu mengenali hingga enam orang, termasuk dua pemain aktif untuk dianalisis gerakannya pada 20 titik sendi tiap orang. Namun, PrimeSense menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat “dilihat” (tidak diproses sebagai pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam jangkauan kamera.

Ada 3 inovasi hargdware yang bekerja bersama-sama di dalam sensor Kinect

kinectsensor

  • 3D Depth Sensor

Depth sensor atau sensor kedalaman merupakan sebuah proyektor infrared dan sebuah sensor monochrome CMOS yang bekerja secara bersama-sama untuk “melihat” ruangan atau area dalam bentuk 3D dengan tanpa memperdulikan kondisi cahaya.

  • RGB Camera

Camera video ini membantu dalam pengenalan wajah dan fitur deteksi lainnya dengan mendeteksi 3 komponen warna yaitu Red, Green, dan Blue. Microsoft menamakannya “RGB Camera” dengan mengacu pada 3 komponen warna tersebut. •

  • Multi-Array Microphones

Merupakan sebuah susunan yang terdiri dari 4 kamera yang dapat mengisolasikan suara dari pemain dengan suara-suara lain(noise) yang ada di ruangan. Hal ini memungkinkan pemain game untuk berada agak jauh dari microphone dan masih dapat menggunakan kontrol suara atau voice control.

Bagaimana cara memainkan  kinect xbox?

Berikut ini adalah petunjuk cara menggunakan kinect:

  1. Hubungkan kabel usb kinect ke xbox
  2. Hubungkan kabel yang terdapat di adaptor ke stop kontak
  3. Hidupkan xbox
  4. Update kinect (jika perlu)
  5. Ikuti instruksi kinect
  6. Jika sudah selesai lambaikan tangan agar kinect mengetahui letak orang yang memainkan kinect

developsupportv2

Kinect ini sangat powerfull, misalnya jika kita bermain game just dance. Tidak perlu lagi membeli dance pad seperti pada saingannya playstation atau Nintendo, hanya perlu menari mengikuti gerakan karakter yang ada di dalam game, tanpa menginjak dance pad. Tentunya ini sangat mengasyikan, bahkan ada game fight yang dimainkan berdua dengan kinect. Bukan itu saja, kita juga dapat memilih game yang ada pada dashboard dengan menggunakan kinect. Untuk mengaktifkan kinect, anda cukup melambaikan tangan saja. Lalu sensor pada kinect akan aktif dan mulai mentracing tangan kita. Sekarang, cukup dengan menggeser-menggeser tangan  ke kiri atau ke kanan. Untuk memilih game, cukup mendiamkan sejenak tangan kita selama beberapa detik lalu game akan terpilih secara otomatis.

Sumber referensi:

http://habysoekarno.blogspot.com/2013/05/teknologi-kinect.html (diakses 18 april 2015, pukul 19:13 WIB)

http://kangtanto.com/technology/cara-kerja-kinect (diakses 18 April 2015, pukul 20:21 WIB)

https://ngarangngarang18.wordpress.com/2011/05/10/cara-menggunakan-kinect/ (diakses 18 April 2015, pukul 20:34 WIB)

http://berilmu.com/blog/berolahraga-dengan-menggunakan-xbox-360-dan-kinect-sensor/ (diakses 18 April 2015, pukul 21:27 WIB)

http://www.oui-art.com/kegunaan-kinect-pada-xbox/ (diakses 18 April 2015, pukul 21:33 WIB)

Reply

Copyright © 2024 All rights reserved. Theme by Laptop Geek.